Program Studi Teknik Industri

teknik industri1-institut Teknologi Kesehatan dan Jakarta

Visi dan Misi Jurusan Teknik Industri

Institut Teknologi dan Kesehatan Jakarta2019

Gelar Lulusan:S.T

Deskripsi

Teknik Industri merupakan salah satu jurusan yang paling diminati dan dibutuhkan di bursa lapangan kerja karena keunikan dan karakteristik yang dimilikinya. Disiplin ini memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan agar para lulusan nantinya memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh dunia industri dalam merumuskan masalah, mengidentifiksi solusi dan mengevaluasi hasilnya, perencanaan, perancangan, pengoperasian, perbaikan dan optimasi sistem produksi barang dan jasa. Selain itu, lulusan juga memiliki kompetensi dalam menghadapi era digitalisasi dan otomasi yang berbasis teknologi informasi dan mutakhir.

Teknik Industri berhubungan dengan perancangan, perbaikan dan instalasi suatu sistem yang mengintegrasikan manusia, bahan, alat, informasi, dan energi untuk memproduksi barang atau jasa secara efisien dan efektif. Disiplin ini juga mengupayakan pencapaian hasil secara optimal dan pengelolaan faktor-faktor produksi yang didukung pertimbangan kelayakan teknis dan socio-ekonomis, dengan mengutamakan peran manusia sebagai faktor produksi yang utama.

Visi Jurusan Teknik Industri

Pada tahun 2045, Teknik Industri ITKJ menjadi jurusan terdepan dalam mengembangkan disiplin teknik industri untuk merancang dan mengoperasikan sistem produksi dan jasa yang terintegrasi, berkelanjutan secara efektif dan efisien, serta menjunjung tinggi integritas, budi pekerti yang luhur

Misi Jurusan Teknik Industri

  1. Menyelenggarakan program pendidikan tinggi teknik industri yang memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat, menghasilkan lulusan yang berkualitas, memiliki integritas, kreatif dan inovatif, jiwa sosial yang tinggi, dan mampu bersaing secara global serta berjiwa solutif dan mampu membuka peluang usaha.
  2. Melakukan penelitian yang mampu memberikan solusi dan memecahkan masalah yang dihadapi industri dan masyarakat serta dapat menjadi terobosan di masa yang akan datang.
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat guna mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Teknik Industri, serta meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

Kompetensi Jurusan Teknik Industri: 

Kompetensi utama lulusan sebagai ciri khas jurusan Teknik Industri adalah:

  1. Mampu menerapkan ilmu dan keterampilan dalam disiplin Teknik Industri secara efektif untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas barang dan jasa yang dihasilkan baik sebagai individu maupun anggota atau pemimpin dalam tim;
  2. Mampu menjadi pribadi yang berjiwa pemimpin, professional, berintegritas, kreatif, inovatif dan berjiwa entrepreneur;
  3. Mampu menghadapi tantangan di situasi apapun, cepat beradaptasi, serta mengembangkan pengetahuan dan keterampilan secara berkelanjutan.

Capaian Pembelajaran (Learning Outcome):

  • Pengetahuan yang dimiliki

Mampu menerapkan konsep dasar sains dan teknologi beserta prinsip rekayasa terapan yang dikembangkan berdasarkan sains, rekayasa kompleks keteknikan dan perancangan sistem terintegrasi.

  • Kemampuan teknis pekerjaan

Mampu merencanakan, merancang, mendesain produk dan jasa yang terintegrasi dengan sistematis meliputi sumber daya manusia, modal, material, dan peralatan, energi, dan informasi.

Mampu menerapkan konsep produksi yang senantiasa memperhatikan norma, regulasi dan standar yang berlaku, serta meningkatkan pencapaian target mutu yang efektif dan efisien.

Mampu mengidentifikasi, merumuskan dan menganalisis rekayasa keteknikan yang komprehensif dan holistik pada sistem terintegrasi berdasarkan pendekatan sistematis, komputasional atau eksperimental.

Mampu membangun rekayasa keteknikan yang memperhatikan unsur keselamatan, kesehatan, keamanan, kelestarian lingkungan, sosial dan budaya dengan mempertimbangkan aspek kinerja dan keandalan, kemudahan penerapan dan keberlanjutannya.

  • Kemampuan memecahkan masalah

Mampu meneliti dan menyelidiki masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi menggunakan dasar prinsip-prinsip rekayasa dan dengan melaksanakan riset, analisis, interpretasi data dan sintesa informasi untuk memberikan solusi secara kreatif dan inovatif.

Mampu menganalisa secara matematis dan ilmiah fenomena sains dan rekayasa keteknikan untuk mengindentifikasi masalah dan memberikan langkah-langkah penyelesaian masalah.

  • Pengetahuan teknologi terkini

Mampu mendesain kebutuhan pembangunan industri yang responsif terhadap kemajuan teknologi, digitalisasi dengan pendekatan jaringan kerja, kolaborasi, dan sinergisitas sehingga efektif, efisien dan berkualitas tinggi.

Mampu menerapkan prinsip dan sistem komunikasi serta teknologi informasi pengolahan data yang akurat dan handal untuk menunjang produktifitas secara berkelanjutan.

  • Kemampuan managerial

Mampu berkomunikasi lisan dan tulisan dengan efektif dalam tim untuk menunjang pencapaian target individu dan kolektif dengan pendekatan kerjasama yang humanis dan psikologis.  

Mampu mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung produksi yang berkelanjutan serta mengendalikan dan menjamin mutunya dengan pendekatan sistematis dan terintegrasi.

  • Sikap dan etika profesionalitas

Mampu memahami tanggung jawab profesi dan integritas yang menjunjung kode etik profesi.

Mampu mengenali potensi diri, kebutuhan, dan mengembangkan pembelajaran diri seumur hidup serta tangguh dan adaptif dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman.

  • Kemampuan adaptif dan inovatif

Mampu memberikan solusi kreatif dan inovatif dalam masalah yang ditemukan serta dapat menjelaskan dengan menarik dan mudah dipahami oleh masyarakat.

  • Manfaat dan kepedulian sosial

Mampu mengembangkan potensi diri dan sekitar dari aspek ekonomi, sosial dan budaya dengan pendekatan prinsip-prinsip enterpreneurship yang berkelanjutan dan penuh tanggung jawab.