Berita | #AyokeITKJ

PROFIL DOSEN: Ir Tugas Utomo, M.T., M.Kom., M.M.

Ir Tugas Utomo, M.T., M.Kom., M.M. ITKJ

KESERIUSAN Ir Tugas Utomo, M.T.,M.Kom.,M.M mendalami ilmu keteknikan membuatnya layak dinobatkan sebagai dosen senior yang memiliki jam terbang yang cukup tinggi dalam mengaplikasikan keilmuannya. “Meneliti, mengajar dan mengabdi pada masyarakat sudah menjadi rutinitas bagi saya. Tujuannya, untuk bermanfaat bagi orang lain,” ungkapnya.

Ir Tugas Utomo, M.T.,M.Kom.,M.M menamatkan pendidikan D3 nya di Institut Teknologi Bandung pada tahun 1981 lalu menempuh pendidikan BS Electronics Technology di Grantham Technology Of Engineering, California. Pada tahun 1993 menamatkan S1 di Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta, lalu melanjutkan S2 Magister Management di IPWI jakarta. Di tahun 1999 menamatkan S2 dibidang Teknologi Telekomunikasi di Universitas Trisakti Jakarta. Kemudian di tahun 2003 berhasil menamatkan S2 dibidang ilmu komputer Universitas Benarif Jakarta.

Pengalaman Bapak Tugas Utomo lebih dari 35 tahun bergelut sebagai praktisi telekomunikasi di perusahaan multinasional dunia dan diakui oleh lebih dari 17 negara sebagai project manager mengharumkan nama bangsa indonesia. Kemampuan keilmuan teknik , berbahasa dan managerial mengantarkan beliau menduduki berbagai posisi penting dalam industri telekomunikasi nasional maupun tingkat dunia. Berbagai project ditangani dengan profesional bahkan cikal bakal teknologi 3G dan 4G di handle dengan baik oleh tangan dinginnya.Hingga kini, hasil pekerjaannya tidak hanya bisa dinikmati oleh orang Indonesia saja, namun juga bisa dirasakan oleh masyarakat internasional. Sedikitnya puluhan vendor dunia seperti Nokia, Ooredo, NEC, Huawei dan banyak lainnya pernah melibatkan beliau dalam berbagai project telekomunikasi.

Dosen kelahiran 22 Februari 1961 Bojonegoro tersebut kini mengabdikan dirinya sepenuhnya untuk membagi ilmu yang dimilikinya kepada mahasiswa teknik elektro Institut Teknologi dan Kesehatan Jakarta.“Ilmu memang tidak baik jika dimiliki sendiri namun perlu, bahkan harus untuk disebar. Melalui profesi sebagai Dosen, saya berusaha untuk menyebarkan ilmu ke masyarakat luas,” ujarnya. Tugas Utomo berkeyakinan bahwa setiap orang punya kesempatan yang sama dalam berperanserta memajukan teknologi didunia asalkan memiliki bekal keilmuan yang mumpuni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *